Mata Kuliah : Strategi Pembelajaran
SKS : 3
Deskripsi : Matakuliah
Strategi pembelajaran menyajikan konsep esensial:
Teori
Belajar dalam pembelajaran, perbedaan pendekatan, model, strategi metode dan
teknik,
pendekatan dan model, stategi dan metode, implementasi metode,
dan perancangan strategi pembelajaran
Rencana Pembelajaran Semester
Capaian :
1.
Mahasiswa dapat menggali persoalan-persoalan
dalam konsep esensial psokolinguistik melalui Tanya jawab dalam diskusi kelas.
2.
Mahasiswa dapat menyusun rancangan strategi
pembelajaran.
3.
Mahasiswa dapat menerapkan rancangan strategi
pembelajaran dalam bentuk peer teaching.
Rencana Pembelajaran Semester
Materi : Konsep
esensial strategi pembalajaran.
Metode :
Tanya-jawab, tugas, dan simulasi
Penilaian : Kehadiran
10%, rancangan strategi (produk) 20%, UTS 15%, UAS 15%, praktik
mengajar (unjuk kerja) 40%
Media : laptop,
LCD, buku paket siswa SMA, Media Pembelajaran.
Rujukan
Utama : Poerwati, Endang, DKK. 2013. Modul Materi Pedagogik Umum Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Pendidikan
dan Latihan Profesi Guru Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 144.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi
Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya
Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan N. 2014. Materi
Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Badan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Catatan :
1.
KD SMA (silabus harus
punya)
2.
KD, kelas 1 atau 2 SMA
(silabus BI SMA berdasar Kurikulum 2013)
3.
Buat strategi
4.
Rancangan + Naskah
(dialog pembelajaran)
5.
Strategi ada 4
(langsung, mandiri)
Materi 1
Strategi Pertemuan II
Teroi
Belajar Dalam Pembelajaran
Prinsip-prinsip Belajar dalam
pencapaian tujuan pembelajara.
1.
Pada prinsipnya strategi pembelajaran ditentukan
berdasarkan atas teori-teori belajar yang sudah ditentukan.
2.
Penentuan strategi pembelajaran merupakan
penerapan dari asas-asas pembelajaran. Azaz pembelajaran ditentukan berdasarkan
prinsip-prinsip belajar. Atau dapat dikatakan bahwa azaz pembelajaran merupakan
implementasi prinsip-prinsip belajar bagi guru.
3.
Prinsip-prinsip
belajar adalah; (a) perhatian dan motivasi, (b) keaktifan, (c)
keterlibatan langsung/berpengalaman, (d) pengalaman (e) tantangan (f) balikan
dan penguatan, dan g perbedaan individual
Klasifikasi teori belajar dalam
pembelajaran.
1.
Secara garis besar teori belajar dapat
dikelompokkan menjadi 3 yaitu (1) conditioning theory (2) connection theories (3)
insighful learning.
2.
Conditioning theory adalah suatu teori yang
menyatakan bahwa belajar merupakan suatu respon dari stimulus tertentu. Respon dalan
operant conditioning terjadi tanpa didahului oleh stimulus, melainkan oleh efek
yang ditimbulkan oleh refinforcer. Reinforce itu sendiri pada dasakarnya adalah
stimulus yang meningkatkan kemungkinan timbulnya sejumlah respon tertentu,
namun tudak sengaja diadakan sebagai pasangan stimulus lainnya seperti falam
classical conditioning.
3.
Connection theories adalah suatu teori yang
menyatakan bahwa belajar merupakan pembentukan koneksi-koneksi antara stimulus
dengan respon. Teori belajar ini dikembangkan oleh Thomdhike yang juga
dinamakan trial and error learning. Hal ini disebabkan karena proses belajar
dapat melalui coba-coba dalam rangka memilih respon yang tepat bagi stimulus
tertentu.
4.
Insighful learning adalah suatu teori yang
menyatakan bahwa belajar menurut pandangan kognitif. Disebut juga Gestalt dan
Field Teories. Teori mengutamakan pengertian dalam proses belajar mengajar,
jadi bukan ulangan seperti halnya kedua teori terdahulu. Dengan demikian
menurut teori ini belajar merupakan perubahan kognitif (pemahaman.) Belajar
bukan hanya ulangan tetapi perubahan struktur pengertian.
0 komentar:
Posting Komentar