Jumat, 23 September 2016

Catatanku



Mata Kuliah  : Strategi Pembelajaran
SKS                : 3
Deskripsi        : Matakuliah Strategi pembelajaran menyajikan konsep esensial:
Teori Belajar dalam pembelajaran, perbedaan pendekatan, model, strategi metode dan teknik,
pendekatan dan model, stategi dan metode, implementasi metode,
dan perancangan strategi pembelajaran


Rencana Pembelajaran Semester

Capaian :
1.      Mahasiswa dapat menggali persoalan-persoalan dalam konsep esensial psokolinguistik melalui Tanya jawab dalam diskusi kelas.
2.      Mahasiswa dapat menyusun rancangan strategi pembelajaran.
3.      Mahasiswa dapat menerapkan rancangan strategi pembelajaran dalam bentuk peer teaching.

Rencana Pembelajaran Semester

Materi             : Konsep esensial strategi pembalajaran.
Metode           : Tanya-jawab, tugas, dan simulasi
Penilaian        : Kehadiran 10%, rancangan strategi (produk) 20%, UTS 15%, UAS 15%, praktik
mengajar (unjuk kerja) 40%
Media             : laptop, LCD, buku paket siswa SMA, Media Pembelajaran.
Rujukan
Utama            : Poerwati, Endang, DKK. 2013. Modul Materi Pedagogik Umum Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 144.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan N. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Catatan :
1.      KD SMA (silabus harus punya)
2.      KD, kelas 1 atau 2 SMA (silabus BI SMA berdasar Kurikulum 2013)
3.      Buat strategi
4.      Rancangan + Naskah (dialog pembelajaran)
5.      Strategi ada 4 (langsung, mandiri)

Materi 1
 Strategi Pertemuan II
Teroi Belajar Dalam Pembelajaran

Prinsip-prinsip Belajar dalam pencapaian tujuan pembelajara.
1.      Pada prinsipnya strategi pembelajaran ditentukan berdasarkan atas teori-teori belajar yang sudah ditentukan.
2.      Penentuan strategi pembelajaran merupakan penerapan dari asas-asas pembelajaran. Azaz pembelajaran ditentukan berdasarkan prinsip-prinsip belajar. Atau dapat dikatakan bahwa azaz pembelajaran merupakan implementasi prinsip-prinsip belajar bagi guru.
3.      Prinsip-prinsip  belajar adalah; (a) perhatian dan motivasi, (b) keaktifan, (c) keterlibatan langsung/berpengalaman, (d) pengalaman (e) tantangan (f) balikan dan penguatan, dan g perbedaan individual
Klasifikasi teori belajar dalam pembelajaran.
1.      Secara garis besar teori belajar dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu (1) conditioning theory (2) connection theories (3) insighful learning.
2.      Conditioning theory adalah suatu teori yang menyatakan bahwa belajar merupakan suatu respon dari stimulus tertentu. Respon dalan operant conditioning terjadi tanpa didahului oleh stimulus, melainkan oleh efek yang ditimbulkan oleh refinforcer. Reinforce itu sendiri pada dasakarnya adalah stimulus yang meningkatkan kemungkinan timbulnya sejumlah respon tertentu, namun tudak sengaja diadakan sebagai pasangan stimulus lainnya seperti falam classical conditioning.
3.      Connection theories adalah suatu teori yang menyatakan bahwa belajar merupakan pembentukan koneksi-koneksi antara stimulus dengan respon. Teori belajar ini dikembangkan oleh Thomdhike yang juga dinamakan trial and error learning. Hal ini disebabkan karena proses belajar dapat melalui coba-coba dalam rangka memilih respon yang tepat bagi stimulus tertentu.
4.      Insighful learning adalah suatu teori yang menyatakan bahwa belajar menurut pandangan kognitif. Disebut juga Gestalt dan Field Teories. Teori mengutamakan pengertian dalam proses belajar mengajar, jadi bukan ulangan seperti halnya kedua teori terdahulu. Dengan demikian menurut teori ini belajar merupakan perubahan kognitif (pemahaman.) Belajar bukan hanya ulangan tetapi perubahan struktur pengertian.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook Stumbleupon Favorites More