Rabu, 02 Desember 2015

Cara Validasi KRS Online Semester 2 (Khusus Maba)

Secara garis besar tahapannya adalah sebagai berikut.
  1. Reset password (di kantor Tata Usaha/TU/tempat pengambilan kunci).
  2. Mengganti password.
  3. Validasi.





Oke langsung saja kita mulai.
  1. Pertama silahkan datang ke kantor Tata Usaha (TU) beserta membawa KTM anda untuk melakukan reset password KTM.
  2. Selanjutnya akan didapatkan sebuah password baru (biasanya password : 123456).
  3. Silahkan masuk pada halaman http://krs.umm.ac.id/ kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Masukkan NIM anda, kemudian password yang telah diberikan oleh petugas TU, dan isi kolom verifikasi dengan mengisikan jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada atas kolom ini. Selanjutnya klik login.                          
  4. Setelah ditekan tombol login akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Instruksi selanjutnya anda diminta untuk mengganti password (password yang telah diberikan petugas TU diganti dengan password yang baru untuk keamanan akun anda). Klik Ganti Password.
  5. Setelah menge-klik ‘Ganti Password’ akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Isikan kolom password lama (password yang telah diberikan petugas TU), kemudian isikan password baru anda (sesuai keinginan anda min 10 digit) lalu ulangi pengisian pada kolom ‘Ulangi Password Baru’. Selanjutnya beri tanda centang pada kotak kecil di depan tulisan ‘cek bila Anda setuju’ dengan cara menge-klik kotak kecil tersebut, lalu masukkan juga jawaban verifikasi dan klik simpan.                                 
  6. Lalu pilih Ok pada pilihan di bawah ini.  
  7. Jika muncul pesan ‘ Terimakasih Perubahan Password Anda Sukses' ini berarti proses perubahan password pada akun anda telah berhasil. Jika belum berhasil silahkan anda mengulanginya kembali. Untuk melanjutkan tekan ‘logout’.
  8. Proses perubahan password sudah berhasil, untuk melanjutkan keproses validasi silahkan klik ‘Login Kembali’.
  9. Silahkan login kembali masukkan NIM, password baru lalu isi kolom verifikasi dan klik ‘login.
  10. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih ‘Pemrograman KRS’ pada menu bar disamping kiri.                                                                                              
  11. Akan muncul informasi, jika anda dinyatakan bebas tanggungan administratif anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya dengan menekan ‘Mulai Pemrograman’.     
    NB*) Jika belum dapat melangkah keproses selanjutnya atau dengan kata lain masih ada tanggungan administratif silahkan berkonsultasi ke kajur masing-masing atau langsung dengan bagian yang menangani administrasi.
  12. Selanjutnya klik tombol validasi (tanda centang hijau) untuk melakukan validasi pada KRS anda. Karena pada semester 2 KRS masih berupa paketan maka anda tidak dapat memilah mata kuliah apa yang ingin anda ambil dan mata kuliah apa yang ingin anda tinggal.
  13. Jika keseluruhan mata kuliah sudah bertanda centang hijau dan terdapat pesan 'Mata kuliah Anda telah valid status telah aktif' proses KRS Online kuliah semester 2 sudah berhasil. Jangan lupa untuk menutup akun anda dengan cara pilih menu 'Logout'.                                                                                                Mudahkan??? 

                                                                 ***Semoga Bermanfaat***
                                                                          Helmi Mahendra


































1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook Stumbleupon Favorites More